SILABUS SMA/MA
MATA
PELAJARAN: BAHASA INGGRIS - WAJIB
Kelas :XII
Kompetensi Inti:
KI1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan
responnya.
Fungsi sosial
Menawarkan jasa dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
May I help you? What can I do for you? What if ...? Yes,
please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menawarkan jasa.
· Siswa mengikuti interaksi menawarkan jasa.
· Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi menawarkan jasa (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan
yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Komunikasi
· Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria
Penilaian:
- Tingkat ketercapaian
fungsi sosial menawarkan jasa
- Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
- Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menawarkan jasa serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul
kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
· Perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan yang mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dan responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita
atau informasi yang mengejutkan dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
Fungsi sosial
Menyampaikan berita atau
informasi yang mengejutkan dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
Guess what! Surprise! You know what?
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar
|
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan
· Siswa mengikuti interaksi mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
· Siswa menirukan model interaksi mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi yang
mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
MENGEKSPLORASI
Siswa mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dengan bahasa Inggris
dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan yang
mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
MENGKOMUNIKASIKAN
· Siswa mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial mengawali penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks mengawali
penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi penyampaikan
berita atau informasi yang mengejutkan
Pengamatan
(observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.3. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta
perhatian
bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan
untuk meminta perhatian
bersayap (extended), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian bersayap (extended) dan responnya.
Fungsi sosial
Meminta perhatian dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang
lain
Struktur teks
May I have your attention, please. Everybody,
excuse me!
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun
di luar
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi meminta perhatian.
· Siswa mengikuti interaksi meminta perhatian dan responnya.
· Siswa menirukan model interaksi meminta perhatian
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi meminta perhatian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan meminta perhatian dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Komunikasi
· Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta
perhatian dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial meminta
perhatian
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks meminta perhatian
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan meminta perhatian
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
ungkapan berisi pernyataan meminta perhatian serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk meminta
perhatian ketika muncul kesempatan
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian
dalam menyampaikan dan menulis ungkapan meminta perhatian
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
|
1 x
2 JP
|
Suara guru
Audio CD/ kaset
|
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus,
lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja
4.4.
Menangkap
makna dalam teks berbentuk surat lamaran kerja.
4.5. Menyunting surat lamaran
kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.
Menyusun
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran
kerja
Fungsi sosial
Membuat
surat lamaran kerja dengan baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga
mencapai tujuannya.
Struktur teks
Ungkapan
yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: surat lamaran kerja
Unsur kebahasaan
(1)
Kata dan tata bahasa yang lazim
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
rujukan
kata
Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan
memberikan keteladanan tentang tanggungjawab
dan pro-aktif
|
Mengamati
· Siswa membaca beberapa surat lamaran kerja dari berbagai sumber
·
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan surat lamaran kerja dari berbagai sumber.
· Siswa belajar membaca cepat
untuk menemukan gagasan utama teks (skimming),
dan membaca memindai untuk menemukan informasi tertentu (scanning), serta menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca
dengan bermakna
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai surat
lamaran yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa mempertanyakan
cara menemukan gagasan utama, informasi tertentu, informasi
rinci dan kesimpulan dalam surat lamaran kerja.
Experimen/explore
· Siswa membacakan surat lamaran kerja kepada teman dan guru dengan
tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
· Siswa berlatih menemukan
gagasan utama dan informasi tertentu dalam surat lamaran kerja
· Siswa menulis surat lamaran kerja dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang surat lamaran kerja yang
ditulis.
· Siswa melakukan perbaikan terhadap surat lamaran kerja yang ditulis
berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis berbagai surat lamaran kerja dan
membandingkannya dengan contoh yang diberikan
·
Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam
surat lamaran kerja.
·
Siswa
menyunting sebuah surat lamaran kerja yang diambil sumber lain
·
Secara
individu, siswa menulis surat lamaran kerja dan
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas
kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis surat lamaran kerja
dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
· Siswa menyampaikan hasil
suntingan terhadap sebuah surat lamaran kerja.
· Siswa menggunakan kalimat simple present dan present
perfect dalam menulis lamaran kerja.
· Siswa mempresentasikan surat lamaran kerja yang sudah diberbaiki
berdasarkan masukan dari guru dan teman
· Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan
|
Kriteria
Penilaian:
-
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
lamaran kerja
-
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks surat lamaran kerja
-
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
-
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis surat lamaran kerja
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan
kemajuan belajar
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan surat
lamaran kerja berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes
dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar
atau cara penilaian
lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau
bentuk penilaian
lain
|
2 x
2 JP
|
Suara guru
|
0 komentar:
Posting Komentar