Jumat, 03 Juli 2020

Silabus B Inggris Kelas XII

SILABUS SMA/MA


MATA PELAJARAN: BAHASA INGGRIS - WAJIB
Kelas   :XII
Kompetensi Inti:
 KI1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International  yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1    Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2    Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk menawarkan jasa dan responnya.
Fungsi sosial
Menawarkan jasa dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
May I help you? What can I do for you? What if ...? Yes, please. No, thanks, I’m ok. Thanks a lot.
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
·    Siswa mendengarkan/menonton interaksi menawarkan jasa.
·    Siswa mengikuti interaksi menawarkan jasa.
·    Siswa menirukan model interaksi menawarkan jasa
·    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menawarkan jasa (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·    Siswa membandingkan ungkapan menawarkan jasa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·    Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Komunikasi
·    Siswa menawarkan jasa dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·    Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa dalam jurnal belajar (learning journal).
Kriteria Penilaian:
-     Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan jasa
-     Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks menawarkan jasa
-     Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-     Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·    Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi menawarkan jasa dan responnya
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menawarkan jasa serta responnya
Pengamatan (observations): 
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·     Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa ketika muncul kesempatan.
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·     Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
·     Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi

1 x 2 JP

Suara guru

Audio CD/ kaset




1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International  yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.  Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.  Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan  dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis untuk mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan
Fungsi sosial
   Menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
  Guess what! Surprise! You know what?
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
·     Siswa mendengarkan/menonton interaksi mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan
·     Siswa mengikuti interaksi mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan
·     Siswa menirukan model interaksi mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan
·     Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan  (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
MENGEKSPLORASI
Siswa mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·     Siswa membandingkan ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·     Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
MENGKOMUNIKASIKAN
·     Siswa mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·     Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan dalam jurnal belajar (learning journal).

Kriteria Penilaian:
-        Tingkat ketercapaian fungsi sosial mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan
-        Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan
-        Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi penyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan
Pengamatan (observations): 
·     Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan ketika muncul kesempatan.
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.


1 x 2 JP
Suara guru

Audio CD/ kaset




1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International  yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.  Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.  Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.3.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3.  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan untuk meminta perhatian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian bersayap (extended) dan responnya.
Fungsi sosial
Meminta perhatian dengan baik, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
 May I have your attention, please. Everybody, excuse me!
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
Mengamati
·     Siswa mendengarkan/menonton interaksi meminta perhatian.
·     Siswa mengikuti interaksi meminta perhatian dan responnya.
·     Siswa menirukan model interaksi meminta perhatian
·     Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi meminta perhatian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan meminta perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·     Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·     Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Komunikasi
·     Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·     Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).

Kriteria Penilaian:
-        Tingkat ketercapaian fungsi sosial meminta perhatian
-        Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks meminta perhatian
-        Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-   Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan  meminta perhatian
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  ungkapan berisi pernyataan meminta perhatian serta responnya
Pengamatan (observations): 
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·     Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian ketika muncul kesempatan
·    Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
·     Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis ungkapan meminta perhatian
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

1 x 2 JP

Suara guru

Audio CD/ kaset




1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International  yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja
4.4.  Menangkap makna dalam teks berbentuk surat lamaran kerja.
4.5.  Menyunting surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.  Menyusun surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja
Fungsi sosial
Membuat surat lamaran kerja dengan baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga mencapai tujuannya.
Struktur teks
Ungkapan yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: surat lamaran kerja
Unsur kebahasaan
(1)    Kata dan tata bahasa yang lazim
(2)    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)    rujukan kata

Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan memberikan keteladanan tentang tanggungjawab dan pro-aktif

Mengamati
·     Siswa membaca beberapa surat lamaran kerja dari berbagai sumber
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan surat lamaran kerja dari berbagai sumber.
·     Siswa belajar membaca cepat untuk menemukan gagasan utama teks (skimming), dan membaca memindai untuk menemukan informasi tertentu (scanning), serta menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Mempertanyakan
·     Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai surat lamaran yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
·     Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan utama, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam surat lamaran kerja.
Experimen/explore
·     Siswa membacakan surat lamaran kerja kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
·     Siswa berlatih menemukan gagasan utama dan informasi tertentu dalam surat lamaran kerja
·     Siswa menulis surat lamaran kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang surat lamaran kerja yang ditulis.
·     Siswa melakukan perbaikan terhadap surat lamaran kerja yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
·      Siswa menganalisis berbagai surat lamaran kerja dan membandingkannya dengan contoh yang diberikan
·      Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam surat lamaran kerja.
·      Siswa menyunting sebuah surat lamaran kerja yang diambil sumber lain
·      Secara individu, siswa menulis surat lamaran kerja dan
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
·     Siswa menyampaikan hasil suntingan terhadap sebuah surat lamaran kerja.
·     Siswa menggunakan kalimat simple present dan present perfect dalam menulis lamaran kerja.
·     Siswa mempresentasikan surat lamaran kerja yang sudah diberbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman
·     Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan

Kriteria Penilaian:
-     Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks lamaran kerja
-     Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat lamaran kerja
-     Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
-     Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations): 
Untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·     Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·     Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis surat lamaran kerja
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·      Kumpulan catatan kemajuan belajar
·     Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan surat  lamaran kerja berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·     Kumpulan hasil tes dan latihan.
·    Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain


2 x 2 JP

Suara guru




0 komentar:

Posting Komentar