RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA : SMAN 13 Tangerang Tahun Pelajaran :
2020-2021
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris Materi
Pokok : Caption
Kelas/Semester :
XII/1 Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
Aplikasi : Google Classroom
A. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
3.3
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait
gambar /foto /tabel/grafik/ bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya
Mengidentifikasi beberapa caption beserta fotonya dari koran
Menirukan guru membacakan semua caption, dan ucapan dan tekanan kata
yang benar.
Menganalisis unsur-unsur caption, bertanya jawab, dan kemudian
menerapkannya untuk menganalisis beberapa caption lainnya
4.3
Teks penyerta gambar (caption)
4.3.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan
4.3.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
Mengumpulkan beberapa caption dari koran beserta gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
Membacakan, menganalisis dengan tabel caption yang telah dikumpulkan
Membuat caption untuk beberapa foto pribadi
Menyajikan captionnya dengan teman dan guru di depan kelas
B.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu menulis caption dengan baik dan mempostingya di media
sosial
C.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PENDAHULUAN
Membuka kelas dengan salam pembuka dan memandu peserta didik untuk berdo’a
Memeriksa kehadiran peserta didik melalui daftar hadir online di aplikasi
google classroom
Memberikan informasi tentang manfaat mempelajari materi menulis caption
KEGIATAN
INTI
Pertemuan
1
Peserta didik disajikan beberapa buah gambar/foto/grafik/ kemudian mereka
diminta untuk mengamati/membaca kemudian memahami caption-nya
Guru menjelaskan tentang kriteria caption yang baik
Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi struktur dan ciri bahasa teks-teks
caption tersebut.
Peserta didik diberikan gambar/foto/grafik/table, kemudian diminta untuk
menulis caption sendiri
Peserta didik diberi tugas untuk mengambil foto objek yang menarik dengan
kamera hp mereka dan dikumpulkan di pertemuan 2
Pertemuan
2
Mereview materi pertemuan 1
Peserta didik diminta mengumpulkan foto yang telah mereka ambil dengan kamera
mereka sendiri.
Peserta didik diminta untuk menuliskan caption dari foto yang mereka ambil
dengan memperhatikan kriteria caption yang baik.
Peserta didik mengumpulkan draf caption mereka, setelah dikoreksi oleh guru,
mereka bisa
memposting
di media sosial mereka
KEGIATAN
PENUTUP
Peserta didik dengan dibimbing oleh guru menyimpulkan materi menulis caption
Guru memberikan gambaran tentang materi untuk pertemuan selanjutnya
Guru dan peserta didik menutup PBM dengan berdo’a
D.
Penilaian
1.
Sikap : Memperhatikan keaktifan dan cara siswa berinteraksi
2.
Pengetahuan : Tugas dalam bentuk proyek membuat caption di media sosial
0 komentar:
Posting Komentar